Desa Wisata Pandean Trenggalek Raih Predikat Harapan Satu Kategori Desa Wisata Berkembang

Jakarta,GPriority.com– Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menggelar pameran 50 besar desa wisata terbaik Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022 di di halaman Ballroom Gedung Sapta Pesona Kemenparekraf, Jakarta, Minggu, (30/10/2022).

“Pemeran menghadirkan berbagai produk wisata dan ekonomi kreatif dari 50 desa yang terpilih dalam 50 besar desa wisata terbaik ADWI 2022,” kata Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno dalam acara tersebut.

Pameran penganugerahan ADWI 2022 dibagi beberapa kategori, salah satunya adalah desa wisata berkembang terbaik. Adapun 5 desa wisata yang terpilih adalah desa wisata Paringan Sumatera Barat (1), desa wisata Umauta NTT (2), desa wisata Widosari DIY (3), desa wisata Pandean Jawa Timur (harapan 1), dan desa wisata Pulau Sapi Kaltara (harapan 2).

Ketua Pokdarwis Desa Pandean Ririn Setyo Widihastuti mengatakan bahwa desa wisata sangat luar biasa, karena dengan adanya desa wisata bisa mendongrak roda perekonomian.

“Desa wisata Pandean ini semuanya dilakukan oleh masyarakat, dari masyarakat, untuk masyarakat. Mulai dari pengelola, tour guide, semua manfaatnya untuk masyarakat. Jadi ini memang untuk pemberdayaan,” kata Ririn Setyo ketika diwawancarai tim GPriority.

“Awalnya kita ini (desa wisata pandean) adalah konservasi, konservasi lingkungan. Pariwisata atau destinasi wisata itu adalah bonus dari apa yang kita lakukan. Sehingga muncul destinasi kemudian jadi desa wisata yang akhirnya bisa meningkatkan ekonomi,” tambah Ririn.

“kami akan melanjutkan perjuangan karena ini masih awal. Kami baru satu setengah tahun yang lalu dibentuk, dan alhamdulillah sudah bisa masuk ADWI ini. Insyaallah kami bertekad mengembangkan sustainable dan menularkan energi positif kepada desa-desa wisata yang lain supaya bisa mendongkrak ekonomi dari sektor pariwisata,” tutupnya. (Hn.)