Desa Wisata Tirta Agung, Kabupaten Bondowoso, dari Bekas Tempat Pembuangan Sampah hingga Juara 2 Desa Wisata Rintisan Terbaik

Jakarta,GPriority.com – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) membuat satu program unggulan yaitu Anugrah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022 yang bertujuan untuk meningkatkan perekonomian daerah di sektor pariwisata pasca pandemi.

Berdasarkan program tersebut, Kemenparekraf kemudian menggelar pameran 50 besar desa wisata terbaik ADWI 2022 di halaman Ballroom Gedung Sapta Pesona Kemenparekraf, Jakarta, Minggu, (30/10/2022).

“Pemeran menghadirkan berbagai produk wisata dan ekonomi kreatif dari 50 desa yang terpilih dalam 50 besar desa wisata terbaik ADWI 2022,” kata Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno dalam acara tersebut.

Salah satu desa wisata yang terpilih dalam kategori desa wisata rintisan terbaik adalah desa wisata Tirta Agung di Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur yang menempati peringkat kedua.

Peringkat pertama di tempati oleh desa wisata Sembungan Wonosobo, desa wisata Hanjeli Sukabumi (ketiga), desa wisata Kampong Melayu Bml Pontianak (harapan satu) dan desa wisata Buwun Sejati Lombok Barat (harapan dua).

Ketua Pokdarwis Tirta Agung M.Fadhil Susanto mengatakan bahwa desa wisata di Indonesia khususnya Bondowoso sangat diperlukan untuk mengelola potensi wisata di desa-desa.

“Kita adalah salah satu desa wisata rintisan yang ada di kategori rintisan itu, dan kita berdiri sudah dari tahun 2019. Desa wisata kami dulunya adalah tempat pembuangan sampah, yang kemudian dibersihkan dan dikelola oleh para pemuda jadi destinasi wisata,” kata Fadhil.

Fadhil menambahkan, momentum ini bukanlah akhir dari perkembangan destinasi wisata di Bondowoso melainkan awal dari sebuah perjuangan masyarakat Bondowoso khususnya para pemuda dalam membangun Indonesia dari desa. (Hn.)