Wujudkan Kabupaten/Kota Layak Anak, Provinsi Kaltim Gelar Rapat Kerja Teknis

Jakarta, gpriority.com- Dalam rangka mewujudkan kabupaten/kota layak anak di wilayahnya, Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur menyelenggarakan rapat kerja teknis (rakernis) layak anak di Hotel Lumire, Senen, Jakarta Pusat.

Kegiatan yang diselenggarakan selama dua hari yakni, 16 hingga 17 November 2022 resmi dibuka pada Rabu Malam (16/11/2022) oleh Staf Ahli bidang SDA, Perekonomian Daerah dan Kesra Christianus Benny, S.Hut., MH yang mewakili Gubernur Kaltim Isran Noor yang berhalangan hadir dikarenakan masih berada di Mesir.

Nampak hadir dalam acara pembukaan, Bupati Mahulu Bonifasius Belawan Geh, Ketua DPRD kabupaten Mahulu Novita Bulan, Sekda kabupaten Mahulu Stephanus Madang , serta para Kadis Perlindungan anak se-kabupaten/kota provinsi Kalimantan Timur.

Dalam sambutannya, Christianus Benny mengatakan, “Dalam urusan pendidikan, kesehatan dan kesejahteraan anak di Kaltim menjadi tanggung jawab kita semua. Untuk itulah acara Rakernis ini digelar.”

Tak hanya itu, memenuhi hak perlindungan anak dan membangun sistem pemerintahan kabupaten kota yang mengarah pada upaya transformasi konversi hak pada anak di Provinsi Kalimantan Timur juga menjadi alasan lainnya.

Kepala DKP3A Provinsi Kalimantan Timur yakni Hj. Noryani Sorayalita SE., MMT dalam sambutannya mengatakan, “Perhatian kepada anak menjadi penting sebagai penerus bangsa, yang kita harapkan bertumbuh kembang dengan baik.

Perhatian perlindungan anak seperti dijelaskan Noryani sudah dilakukan pemerintah lewat peraturan undang-undang nomor 35 tahun 2014 tentang perlindungan anak sehingga pemerintah telah memberi jaminan pemenuhan hak anak melalui upaya daerah membangun kabupaten kota layak anak atau dikenal dengan KLA.

Menutup sambutannya, Noryani berharap usai kegiatan ini seluruh kabupaten/kota di Kaltim mendapat predikat layak anak sesuai instruksi pemerintah nomor 25 tahun 2021. (Da.foto.Hs)