Wanita Papua Pertama yang Jabat PJ Gubernur Papua Tengah, Berikut Profil Ribka Haluk

Jakarta, GPriority.com-Jumat (11/11/2022), Staf Ahli Mendagri Bidang Aparatur dan Pelayanan Publik, Ribka Haluk dilantik Mendagri M. Tito Karnavian menjadi PJ Gubernur Papua Tengah di halaman depan Gedung Kemendagri Jakarta.

Penunjukkan berdasarkan perintah Presiden Joko Widodo (Jokowi). Jokowi yakin Ribka yang asli Papua mampu memimpin Provinsi Baru Papua Tengah. Seperti apa sosoknya? Berikut penjelasannya.

Ribka Halut bukanlah nama baru dalam pemerintahan Papua. Wanita kelahiran 10 Januari 1971 di Pirime, Jayawijaya pernah menjabat Kadis Sosial dan Pemukiman Provinsi Papua (2014), Kadis Kesejahteraan, Kaban Pemberdayaan Perempuan dan KB Kabupaten Jayawijaya (2011), Sekretaris Badan Pemberdayaan Perempuan dan KB Jayawijaya (2010), Kasubbag Tata Usaha Jayawijaya (2009), Kepala Kantor Pemberdayaan Perempuan Kabupaten Jayawijaya (2004) dan Kasubdin Peningkatan Kesejahteraan Keluarga Jayawijaya (2001), Penjabat Bupati Kabupaten Mappi di tahun 2017, Kepala Dinas Sosial, Kependudukan dan Catatan Sipil, Pejabat Bupati Yalimo pada 26 Agustus 2021 dan terakhir Staf Ahli Mendagri Bidang Aparatur dan Pelayanan Publik.

Pengalaman itulah yang membuat perempuan yang mempunyai gelar akademik sebagai alumni S3 lImu Manajemen Universitas Cenderawasih menjadi wanita Papua pertama yang bisa menjabat sebagai Gubernur di tanah Papua.

Kepada GPriority yang menemuinya usai pelantikan, Ribka mengatakan akan membenahi terlebih dahulu struktur organisasi. “Karena baru dibentuk organisasi belum ada, sehingga roda pemerintahan belum berjalan. Jika sudah maka langkah selanjutnya adalah mensejahterakan masyarakat Papua Tengah yang meliputi Kabupaten Nabire (Ibu Kota Provinsi), Kabupaten Paniai, Mimika, Kabupaten Dogiyai, Deiyai, Intan Jaya, Puncak dan Kabupaten Puncak Jaya.

Ribka yakin setahun kepemimpinannya bisa mensejahterakan masyarakat. (Hs.Foto.Hs)
Biografi :
Nama : Ribka Halut
Tempat/ Tanggal Lahir: Prime, Jayawijaya 10 Januari 1971