Smart City 2022 Bangkit Bersama Memajukan Bangsa

Jakarta,GPriority.com-Menindaklanjuti pelaksanaan Gerakan Menuju Kota Cerdas 2022, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) menyelenggarakan seminar dan pameran gerakan menuju Smart City 2022 di Hotel Grand Sahid, Jakarta.

Acara yang mengangkat tema ‘Recover Together, Recovery Stronger, dilaksanakan selama 2 hari (30 November dan 1 Desember 2022) dan dihadiri 50 peserta yang berasal dari Kepala Daerah serta Kepala Dinas Komunikasi.

Ditemui disela-sela acara pembukaan yang berlangsung pada Rabu (30/11/2022), Bambang Dwi Anggono Direktur Layanan Aplikasi Informatika Pemerintahan Kemkominfo mengatakan ada 2 acara yang digelar.

“Untuk hari pertama (30/11/2022) pembukaan Smart City sekaligus forum SPBE dan hari kedua (1 Desember 2022) digelar Smart City Indonesia,” jelas Bambang Dwi Anggono.

Pada Forum SPBE, Kemkominfo mengkonsolidasikan seluruh program kerja pusat dan daerah, harmonisasi kegiatan, kolaborasi antara pemerintah daerah, akademisi dan pelaku startup serta dan sinkronisasi aktivitas yang akan dilakukan bersama-sama.

“Mengenai narasumbernya saya sendiri, Hari Kusdaryanto praktisi Smart City dan beberapa narasumber lainnya yang berasal dari startup,” kata Bambang.

Sementara Smart City Indonesia akan dipimpin langsung oleh Menkominfo Johnny G.Plate dan akan dihadiri oleh Gubernur, Wali Kota dan Bupati.

Adapun acara yang digelar, panel diskusi dan pemberian penghargaan kepada daerah yang melakukan inovasi dalam pengembangan Smart City.

“Ada 6 dimensi. Yang pertama Smart Governance, Smart Branding, Smart Economy, Smart Society, Smart Living, dan Smart Environment,” jelas Bambang.

Mengenai nominasinya ada 200 daerah yang menjalankan program smart city. “Daerah tersebut memiliki keunggulan dalam menciptakan inovasi. Inilah yang kita nilai,” kata Bambang mengakhiri pembicaraan. (Hs.Foto.Hs)