Revitalisasi TMII Selesai Akhir Tahun, Kemenhub Berencana Sosialisasikan Kendaraan Listrik di Pembukaan Museum Transportasi

Jakarta,GPriority.com – Melansir dari laman resmi Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau revitalisasi museum transportasi di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) pada hari Minggu, (6/11).

Dalam tinjauannya, Budi mengatakan bahwa berbagai jenis kendaraan listrik akan dipamerkan di area museum transportasi untuk mensosialisasikan penggunaan kendaraan listrik di Indonesia.

“Kami mengajak seluruh masyarakat untuk mulai beralih ke kendaraan listrik yang lebih ramah lingkungan,” kata Budi Karya.

Museum transportasi diketahui memiliki luas 6,2 ha yang meliputi ruang pamer indoor dan outdoor. Museum ini diresmikan pertama kali pada tahun 1991 dengan tujuan untuk mengumpulkan, memelihara, meneliti, serta memamerkan bukti-bukti sejarah dan perkembangan transportasi Indonesia dalam pembangunan nasional.

Museum transportasi termasuk salah satu museum di TMII yang memiliki jumlah pengunjung terbanyak. Kawasan ini memiliki banyak spot menarik yang wajib dikunjungi sebagai tempat berkumpul para pelajar dan komunitas maupun tempat foto-foto dan edukasi.

Revitalisasi TMII dikelola oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Perhubungan yang sudah dikerjakan mulai bulan April 2022. Seluruh kawasan TMII direncanakan akan kembali dibuka akhir tahun ini.

Revitalisasi TMII meliputi bangunan luar, lanskap, desain interior, serta penambahan koleksi museum dan fasilitas pendukung lainnya untuk menambah daya tarik pengunjung.

Revitalisasi tersebut diharap akan semakin banyak fasilitas baru dan manfaat yang didapat oleh para pengunjung. Terutama menjadi sarana edukasi untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan bagi masyarakat dan pelajar. (Hn.Kemenhub)