Redup 2 Tahun, UMKM Kabupaten Bandung Siap Bangkit

Jakarta, GPriority.com – Akibat Covid-19, UMKM Kabupaten Bandung mengalami penurunan omset dan makin meredup sinarnya. Setelah 2 tahun redup, UMKM Bandung siap kembali bangkit, salah satunya dengan melalui Inacraf 2022 yang digelar di JCC.

Hal inilah yang diucapkan Ketua Dekranasda Kabupaten Bandung, Hj. Emma Dety Dadang Supriatna yang ditemui dalam acara Inacraf 2022,JCC, Rabu (23/3/2022).

“ Pandemi menghantam sektor UMKM di Kabupaten Bandung. Ini bisa terlihat dari beberapa pengrajin yang alih fungsi dari craf menjadi makanan. Dan alhamdulillah, Inacraf 2022 kembali digelar mudah-mudahan dengan adanya Inacraf ini bisa menjadi satu titik untuk bisa meningkatkan kualitas dan kuantitas dari produknya. Serta membuat UMKM bangkit kembali,” jelas Emma Dety.

Untuk Inacraf 2022, Kabupaten Bandung seperti dituturkan oleh Emma, diikuti oleh 12 UMKM asli Kabupaten Bandung.” Ke-12 UMKM merupakan hasil kurasi dari ribuan yang ada, sehingga semua produk yang tampil disini merupakan terbaik yang dimiliki oleh Provinsi Bandung,” ucapnya.

Emma Dety juga menjelaskan selama satu tahun dirinya menjabat sebagai Ketua (Diangkat pada 2021-red), sinar Dekranasda Kabupaten Bandung juga sempat ikut meredup karena lebih banyak terlibat dalam vaksinasi dan Covid-19. Meski demikian jalinan silaturahmi melalui online dan offline tetap digelar, Tujuannya agar UMKM tetap eksis meskipun berjualan dengan online.

“ Alhamdulillah, sedikit demi sedikit para pelaku UMKM sudah mengerti cara berjualan dengan online. Dan pada akhirnya sudah mulai bangkit meskipun perlahan-lahan,” tutur Emma.

Emma dalam kesempatan tersebut juga mengungkapkan bahwa dirinya berencana akan melakukan ekspor produk UMKM.” Namun sayangnya masih banyak yang belum siap dikarenakan bahan baku dan komoditinya yang belum tersedia. Mudah-mudahan di tahun ini kita bisa melakukannya,” tutup Emma.(Hs.Foto.Hs)