Profil Singkat Papua Pegunungan

Jakarta,GPriority.com-Papua Pegunungan terdiri dari jajaran pegunungan tertinggi di Indonesia, pesona yang ditawarkan sungguh luar biasa dengan hamparan rerumputan nan hijau mampu menghipnotis siapa saja jika berkunjung kesana.

Wilayah Papua Pegunungan berada tepat di Pegunungan Jayawijaya bagian timur. Diapit oleh beberapa pegunungan tinggi di Indonesia yang puncaknya Bernama puncak Mandala dan Puncak Trikora. Mencangkup dari beberapa kabupaten yaitu Kabupaten Nduga, Kabupaten Lanny Jaya, Kota Wamena di Kabupaten Jayawijaya (Ibukota), Kabupaten Tolikara, Kabupaten Pegunungan Bintang, Kabupaten Yahukimo, Kabupaten Yalimo, dan Kabupaten Mamberamo Tengah.

Papua Pegunungan menjadi satu-satunya provinsi yang tidak berbatasan dengan perairan laut. Eksplorasi sudah dilakukan pada masa kolonial Hindia Belanda, Pelaut Jan Cartenz mencatat dengan ditemukannya puncak pegunungan yang tertutup salju padahal letaknya dikhatulistiwa.

Suku asli Papua sudah ada sebelum masa kolonial belanda, suku-suku tersebut mendiami wilayah Papua Pegunungan hidup secara berkelompok dan terbagi dari 2 wilayah adat yang berbeda. Pertama, Wilayah adat La Pago mencangkup macam-macam suku, seperti :Dani, Lani, Yali dan Nduga. Kedua, wilayah adat Okmenin dihuni oleh, suku Arintap, Ketengban, Kimki, Lepki, Murop, Ngalum dan Yefta. Cara mereka bertahan hidup dengan cara menanam ubi dan beternak babi.

Rumah Honai sebagai rumah adat yang berada di Papua Pegungungan, rumah ini tidak dapat ditemukan di seluruh papua, hanya dapat ditemui pada suku Dani tepatnya di Lemah Baliem.