Pentingnya Attitude Dalam Lingkungan Kerja Jika Tidak Ingin Bermasalah

Jakarta, GPriority.com- Skill bukan menjadi satu-satunya modal untuk memasuki dunia kerja. Tetapi ada salah satu hal yang penting dimiliki bagi setiap perkerja, yaitu attitude atau sikap dan perilaku baik.

Anda bisa saja memiliki segudang pengetahuan dan skill yang mumpuni, namun bila tidak memiliki attitude yang baik maka Anda akan mendapatkan berbagai masalah selama bekerja. Attitude sering kali dijadikan tolak ukur dalam penilaian karakter seseorang, hal ini tidak jarang akan berpengaruh pada proses seleksi untuk mempertahankan posisi kerja.

Attitude para pekerja harus dimiliki oleh semua golongan, mulai dari internship (magang), junior, senior, atau bahkan pimpinan sekelas CEO pun attitude tetap berlaku. Setidaknya dengan attitude yang baik, Anda akan mendapatkan kemudahan-kemudahan seperti berikut ini:

1.Mempermudah diterima di lingkungan baru. Attitude akan mempengaruhi pergaulan di lingkungan kerja yang baru. Jika Anda memiliki attitude yang baik maka akan dengan mudah Anda beradaptasi dengan lingkungan sekitar, begitupun sebaliknya.

2.Menjadi pribadi yang layak untuk diperhitungkan atau dipertimbangkan posisinya dalam lingkungan kerja.

3.Mempermudah mengembangkan karir di lingkungan kerja. Berpindah tempat kerja bukan hal yang asing bagi para pekerja yang ingin terus mengembangkan karir sesuai impian. Untuk itu mengembangkan karir dapat dengan mudah bila memiliki hubungan sosial yang baik dengan pekerja lain. Hubungan sosial tercipta dari peran attitude yang dimiliki.

4.Bila sewaktu-waktu merasa kesulitan dalam bekerja, attitude dapat memberikan peran untuk mempermudah pekerjaan sesulit apapun. Dengan bersikap rendah hati dan mau meminta bantuan dengan sopan adalah cara untuk mendapat bantuan dari rekan kerja. Di lingkungan kerja, tidak mungkin akan bekerja secara individu terus menerus. Pastinya ada waktu dimana Anda akan membutuhkan bantuan dari pekerja lainnya.

5.Melatih profesionalitas diri. Kerjaan yang monoton sering kali menimbulkan rasa jenuh dan juga lelah. Dengan attitude yang baik, Anda dapat mengatasi dan mengontrol salah tersebut lebih terarah.

Itulah ulasan terikat attitude di lingkungan kerja. Tetap jaga sikap dan perilaku di lingkungan sosial terlebih dahulu, bila Anda ingin diperlakukan baik oleh orang lain. (Gs.Foto.Istimewa)