Papua Hadiah Noken Dan Plakat Ke Seluruh Peserta GCF TF 2022


Jayapura, Gpriority.com – GCF Task Force yang berlangsung 16-18 maret 2022 di Kota Manaus Negara Bagian Amazonas. Pada Jumat (18/3/2022), pada hari keempat pelaksanaan forum tersebut delegasi Pemprov Papua menghadiahkan noken dan plakat kepada 38 gubernur atau kepala negara bagian yang tergabung dalam anggota Governors Climate and Forest (GCF) Task Force

Noken dari Pemprov Papua berisikan olahan hasil hutan bukan kayu seperti madu, minyak kayu putih dan aneka kue sagu. Penyerahan noken dan plakat oleh Sekda Papua Muhammad Ridwan Rumasukun, yang pada kesempatan itu hadir mewakili Gubernur Papua Lukas Enembe. Sekda mengalungkan noken itu ke setiap anggota GFC TF. Selain itu, Sekda juga menyerahkan plakat kepada seluruh peserta yang hadir,” kata Kepala Bidang Perencanaan Kehutanan Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup Provinsi Papua, Estiko Tri Wiradyo dilansir dari papua.go.id

Estiko menjelaskan pada pertemuan GCF TF hari keempat, membahas sejumlah topik yang diantaranya mengenai dukungan para pihak terkait ekonomi kehutanan dan iklim. Para narasumber pun terdiri dari berbagai negara anggota GCF TF, pelaku dunia usaha dan organisasi swasta.

Sedangkan topik lain yang juga dibahas, kata Estiko, adalah mengenai tata kelola yang baik dan kebijakan publik yang berkelanjutan atau Government and Public Policy.

“Nah setelah pembahasan topik utama itu, ada kegiatan tambahan yang membahas tentang posisi dan peran masyarakat adat (Indigenous Peoples) dalam pembangunan,” tuturnya menutup wawancara via whatsup dengan humpro Papua. (noz/foto.dokpapua.go.id)