Nikmati Hutan Nipa Sepanjang Tanjung Selor – Tarakan

Tarakan,GPriority.com – Berkunjung ke Tanjung Selor Kabupaten Bulungan Provinsi Kalimantan Utara tak terpisahkan dengan Kota Tarakan, yang merupakan kota pertama pintu masuk ke Provinsi Kaltara.

Menuju ke Tanjung Selor, bisa ditempuh dengan dua jenis alat transportasi, yaitu via udara dengan pesawat terbang dan Speed Boat via sungai, menjadi pilihan saat berkunjung ke wilayah ini.

Namun kebanyakan warga yang akan ke Tarakan dan Tanjung Selor, dan daerah lainnya, menggunakan jalur air dengan Speed Boat.

Speed Boat di wilayah ini cukup tersedia layaknya angkutan kota, Kota Tarakan dan Pemkab Bulungan menyediakan Pelabuhan khusus Speed boat untuk menunjang kegiatan ini.

Menikmati perjalanan air dari Tanjung Selor ke Tarakan, kita
disuguhi hutan Nipa sepanjang rute Tg. Selor ke Tarakan. Setidaknya kita menikmati kurang lebih satu setengah jam perjalanan hingga sampai ke.Tarakan atau Sebaliknya.

Speed Boat yang beroperasi di wilayah ini ada beberapa jenis, namun yang beroperasi layaknya Bus Air, menyediakan 55 seat tempat duduk, Maksimal 60 orang yang diangkut setiap berangkat dan bermesin 3 – 4 mesin tempel (setara 4 Grass Tone)

Mengunjungi dua Daerah ini ibarat berwisata menikmati sungai dan hutan Nipa, biaya speed boatnya cukup bervariasi, untuk rute Tarakan – Tg.Selor, dibandrol dengan Tarip.Rp.130.000 per Orang

Tg.Selor – Nunukan Rp.350.000/Orang Tg.Selor – Pulau Bunyu Rp.250.000/Orang. Sementara ke rute rute lainya cukup bervariasi sesuai jarak dan jenis speed boatnya.

Bang Agus, salah seorang penumpang Speed Boat asal Makassar,.mengaku baru kali ini menggunakan speed boat, perasaan seperti sedang di atas bus cepat.

“Jalanya kadang melambat jika berhadapan dengan ombak atau berpapasan dengan speed besar yang melintas berhadapan, tapi naik speed ini cukup nyaman, pemandangan hutan bakau Nipa dan aktifitas nelayan sungai kerap kita jumpai” terang Agus.

Kehadiran Speed boat sebagai sarana transportasi utama, mendapat perhatian cukup dari Pemerintah, itu terlihat dari tersedianya dermaga khusus speed boat, dan fasilitas bus bagi penumpang yang turun dan akan naik menggunakan speed (Ae)