Milad 30 Tahun Hubungan Diplomatik Indonesia Dan Azerbaijan

Jakarta,GPriority.com-Dalam rangka memperingati 30 tahun hubungan diplomatik dengan Indonesia, Kedubes Azerbaijan mengelar diskusi dengan insan pers, institusi pendidikan dan pelaku usaha di Westin Hotel, Selasa Malam (6/12/2022).

Dalam sambutannya, Dubes Azerbaijan untuk Indonesia, Jalal Mirzayev mengatakan, selama 30 tahun ini, khususnya, di bawah kepemimpinan Presiden Ilham Aliyev dan Presiden Joko Widodo, Azerbaijan dan Indonesia memiliki hubungan kerja sama yang kuat dan tepercaya di bidang politik, ekonomi, budaya, kemanusiaan dan banyak bidang lainnya, termasuk dukungan politik timbal balik yang sudah lama terjalin di organisasi internasional, seperti PBB, OKI (Organisasi Kerja Sama Islam) dan GNB (Gerakan Non-Blok).

Hubungan bilateral yang luas antara dua negara berkembang di banyak bidang seperti saling mempromosikan investasi dan perdagangan, kerja sama di sektor pariwisata, dan bidang-bidang lainnya termasuk pendidikan.

“Hingga tahun 2022 kedua negara berhasil meraup 500 juta dolar AS. Penyumbang paling besar adalah sektor migas. Sedangkan jumlah perusahaan Indonesia yang ada di Azerbaijan hingga saat ini 90,” jelas Jalal Mirzayef.

Untuk pendidikan, Azerbaijan memberikan beasiswa bagi masyarakat Indonesia yang mau melanjutkan pendidikan di sana. “Tak hanya biaya pendidikan, visa, dan biaya hidup juga diberikan oleh Pemerintah Azerbaijan. Kami berharap langkah ini bisa meringankan beban masyarakat Indonesia yang menempuh pendidikan di Azerbaijan,” ucap Jalal Mirzayef.

Kedua negara juga saling mengakui dan mendukung integritas teritorial dan kedaulatan mereka dalam batas-batas yang diakui secara internasional.

Menutup sambutannya, Jalal Mirzayef berharap hubungan diplomatik ini bisa terus terjaga hingga selamanya.(Hs.Foto.Hs)