Mengenal Jenis Ikan Channa dan Cara Merawatnya

Jakarta, GPriority.com-Bagi Anda yang hobi memelihara ikan, ada satu jenis lagi yang wajib masuk koleksi kamu. Namanya ikan Channa atau gabus hias.

Tak seperti gabus konsumsi, ikan Channa memiliki beragam jenis. Berikut jenis yang dimaksud.

  1. Channa Micropeltes
    Micropeltes menjadi salah satu jenis ikan channa atau gabus yang begitu populer hingga saat ini. Jenis ikan channa ini juga kerap dijuluki sebagai ikan toman. Jika dibandingkan dengan ukuran ikan channa jenis lainnya.Ikan channa micropeltes memiliki ukuran yang cukup besar yaitu sekitar 1.3 m.
  2. Channa Barca
    Ikan channa jenis ini lebih banyak dikenal karena coraknya. Selain itu, karakteristik menarik lain dari ikan channa barca terletak pada sirip dengan bentuk melebar ke atas.

    Walaupun ukuran ikan channa atau gabus jenis barca ini tak sebesar ikan channa jenis micropeltes. Namun jika dilihat dari rata-rata, ukuran dari ikan channa barca juga cukup besar sekitar 90 cm. Selain itu harga yang ditawarkan oleh ikan channa jenis barca juga terbilang cukup mahal dibandingkan dengan jenis lainnya.
  1. Channa Auranti
    Jika dilihat sekilas, jenis ikan channa atau gabus auranti terlihat seperti ikan channa barca. Perbedaan kedua jenis ikan channa tersebut terletak pada ukurannya. Pasalnya ukuran dari ikan channa jenis auranti adalah sekitar 40 cm, sedangkan ikan channa jenis barca adalah sekitar 90 cm.
  2. Channa Gachua
    Dilihat dari segi ukuran, jenis ikan channa gachua memiliki ukuran lebih kecil dari ikan channa auranti yaitu sekitar 20 cm. Meski memiliki ukuran tubuh yang relatif kecil tetap saja ikan channa gachua bisa menjadi predator ikan kecil lainnya.
  3. Channa Diplogramma
    ikan channa diplogramma terlihat sekilas seperti ikan channa micropeltes. Hanya saja motif dan juga warna dari ikan channa jenis ini yang sedikit lebih gelap.

Setelah mengenal jenis gabus hias, langkah selanjutnya adalah cara perawatannya. Dijelaskan oleh peternak gabus hias Suryanto yang ditemui di kediamannya yang terletak di Parung, Bogor, pada Senin (14/11/2022), cara merawatnya sangat mudah. “Meski mudah kita sebagai pemilik juga harus teratur dan juga sabar ketika melakukan proses perawatan,” jelas Suryanto.

Untuk itulah Suryanto memberikan tips cara merawat ikan Channa.

  1. Hindari ikan dalam kondisi stres, karena mengakibatkan kematian
    Yang menjadi penyebab ikan Channa stres adalah lingkungan baru. Untuk itulah Ketika ikan channa baru turun sebaiknya hindari memasukkan ke dalam wadah baru. Tunggu dalam kurun waktu sekitar 15 menit agar ikan channa bisa lebih mudah beradaptasi dengan suhu air sekaligus lingkungan sekitar.
  2. Gunakan Pakan Terbaik
    Dari segi pakan juga harus diperhatikan. Pakan ikan channa atau gabus bisa diberikan hewan hidup seperti jangkrik, cacing maupun ucang. Sedangkan untuk pakan ikan channa yang lebih praktis adalah maggot kering.
  3. Kuras Air Secara Teratur
    Mengganti air akuarium tempat ikan channa adalah hal yang wajib dilakukan. Apalagi ketika akuarium tersebut tidak menggunakan pasir malang. Tentunya ada kemungkinan jika air akuarium tersebut memiliki amoniak yang cukup banyak. Salah satu fungsi dari pasir malang adalah dapat menyerap kotoran ikan.

Agar kondisi ikan channa tidak kaget ataupun stress. Sebaiknya hindari menguras habis air dalam akuarium. Sepertiga dari air keseluruhan yang ada di dalam akuarium.

Itulah ulasan ikan Channa yang perlu Anda ketahui, semoga bermanfaat. (Hs.foto.dok.pribadi)