Melihat Ragam Pesona Gorontalo Utara di Festival Pesona Saronde

Jakarta, GPriority.comFestival Pesona Saronde merupakan event seni budaya tahunan yang dilangsungkan di Pulau Saronde, sebuah pulau kecil di bagian utara Gorontalo yang sering dijuluki mutiara bagi negeri Serambi Madinah. Sesuai dengan julukannya, Pulau Saronde sebagai tempat berlangsungnya festival ini memang menyuguhkan pemandangan alam yang menawan.

Festival Pesona Saronde telah rutin diadakan oleh Pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara sejak 14 tahun yang lalu, atau pertama kali digelar pada tahun 2007. Tahun ini Festival Pesona Saronde kembali dilangsungkan, yakni dari tanggal 9 Juni – 10 Juni 2022.

Setiap tahun, Festival Pesona Saronde selalu menampilkan rangakain acara yang memukau. Festival Pesona Saronde 2022 menampilkan atraksi seni budaya hingga pameran UMKM. Atraksi budaya yang ditampilkan pun beragam, biasanya penampilan tari tradisional Saronde yang dibawakan anak – anak muda Gorontalo menjadi pembuka kegiatan festival.

Kemudian, pada acara puncaknya akan dimeriahkan dengan pemilihan putera-puteri saronde, launching Pulau Saronde sebagai destinasi wisata private premium, kegiatan fish creation, atraksi master chef, freedive, aksi bersih pantai, hingga aksi bersih bawah laut dan bersih lingkungan sekitar untuk menutup kegiatan festival.

Pemilihan Putera – Puteri Saronde merupakan agenda utama yang dilaksanakan di Festival Pesona Saronde. Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka memilih duta pulau terbaik untuk mempromosikan keindahan alam dan pesona budaya yang dimiliki Pulau Saronde.

Setiap peserta adalah putera – puteri terbaik Daerah Gorontalo Utara yang telah memenuhi persyaratan dan melalui beberapa tahapan penyisihan. Peserta yang terpilih akan tampil di Festival Pesona Saronde dan menunjukan beberapa atraksi, seperti berjalan cat walk dan menari.

Lalu, adapula atraksi master chef yang merupakan ajang memasak makanan khas daerah setempat, menikmati wisata air dan keindahan bawah laut Pulau Saronde di acara freedive, hingga pengunjung diajak untuk menjaga kebersihan dan keindahan laut dan lingkungan di sekitar pantai dengan melakukan aksi bersih – bersih untuk menutup kegiatan festival.

Gorontalo memang memiliki keunggulan wisata alam air dan pantai yang memukau. Suasananya masih alami dengan pasir putih yang bersih, airnya jernih, terdapat berbagai karang, udara yang bebas polusi, dan dikelilingi hutan cemara. Sehingga sangat potensial untuk menjadi wisata unggulan dari Sumatera Barat.

Selama di Gorontalo Utara, pengunjung bisa melihat kekayaan alam yang ada di Pulau Togean, yang berupa biota laut serta terumbu karang yang beragam dengan cara diving atau snorkling. Di Gorontalo juga terdapat Air Terjun Taluda’a yang letaknya berada di Desa Taluda’a, Kecamatan Bone, Gorontalo Utara.

Jika ingin sekedar bersantai dengan nuansa romantic, pengunjung bisa singgah di Pulo Cinta yang ada di utara Teluk Tomini. Sedikit jauh dari Pulau Saronde, ada Pulau Lampu yang disebut sebagai surga bagi penyelam karena biota laut dan terumbu karangnya yang beragam.

Selain wisata air, Gorontalo Utara juga memiliki destinasi wisata religi bernama Desa Wisata Bubohu. Di sini pengunjung bisa mengenal lebih jauh tentang kerjaan Gorontalo dan melihat deretan gubuk khas Gorontalo atau Wombohe.

Keberadaan Festival Pesona Saronde diharapkan mampu memperkenalkan pariwisata di Gorontalo Utara kepada seluruh masyarakat Indonesia dan dunia. Sebab, wilayah tersebut kerap disinggahi kapal-kapal cruise dan yatch dan merupakan kawasan yang menuai pujian dari wisatawan mancanegara.  (Vs)