Kuliner Khas Kabupaten Maros Dijamin Bikin Merem Melek

Jakarta, GPriority.com – Ketika liburan ke Kabupaten Maros, kamu tidak hanya akan dibuat tercengang dengan keindahan wisata alamnya saja. Tetapi kamu juga akan tergoda dengan berbagai kuliner populer khas Kabupaten Maros.

Liburan memang erat kaitannya dengan destinasi wisata dan juga kuliner. Oleh karena itu, kamu wajib sempatkan diri untuk kulineran di Kabupaten Maros. Bila kamu belum tahu makanan pupulernya, simak ulasan berikut seputar kuliner khas Kabupaten Maros yang dijamin bikin merem melek:

1. Pallubasa
Pallubasa seringkali disamakan dengan Coto Makassar, padahal dua hidangan ini berbeda. Pallubasa biasa disajikan dengan nasi, sedangkan Coto Makassar disajikan dengan ketupat atau lontong. Untuk isian pallubasa yaitu jeroan sapi atau kerbau yang ditambahkan dengan irisan daging. Makanan ini sangat direkomendasikan jika berkunjung ke Kabupaten Maros.

2. Sup Konro
Sup konro bukan hanya ditemui di Makassar saja, tapi di Maros juga ada bahkan rasanya tak kalah gurih dan lezat. Sup konro adalah hidangan iga sapi dengan kuah kecokelatan cenderung hitam. Warna tersebut berasal dari salah satu bahannya yaitu kluwek. Sup konro biasa disajikan dengan ketupat. Sup konro menawarkan dua variasi, seperti konro bakar atau konro original.

3. Mie Titi
Mie titi adalah mie kering yang disajikan bersama dengan kuah kental, irisan ayam, jamur, udang, cumi, dan hati. Nama “Titi” sendiri diambil dari nama seorang keturunan Tionghoa yang mendapatkan resep keturunan keluarganya, Titi.

4. Burasa
Hampir disetiap warung dan restoran Sulawesi Selatan, burasa hadir sebagai hidangan manis nan legit termasuk di Maros. Burasa dikenal juga dengan lepat atau lontong bersantan. Hidangan ini menjadi sajian wajib ketika menyambut hari raya dan kerap disandingkan bersama Coto Makassar.

5. Roti Maros
Seperti namanya, roti Maros adalah produk yang dihasilkan oleh warga Kabupaten Maros. Roti ini bentuknya mirip roti sobek, jumlah roti yang menyatu bisa 9 hingga 12 roti. Roti Maros memiliki berbagai macam varian rasa yang bisa dicicipi, seperti cokelat, kacang, selai nanas, dan lainnya.

Itulah kuliner khas Maros, Sulawesi Selatan yang bisa bikin kamu merem melek karena rasanya yang enak dan lezat. Jangan lewatkan kesempatan kulineran di Maros ya. (Gs.Foto.Istimewa)