Kepribadian Tipe INFJ, ini Dia Karakteristiknya

Jakarta, Gpriority.com – INFJ adalah salah satu dari 16 kepribadian Myers-Briggs Type Indicator (MBTI), penilaian kepribadian populer belakangan ini. Kepanjangan dari introvert, intuitive, feeling, and judging, seorang INFJ juga biasa disebut sebagai Advokat atau Idealis.

Menurut data Centers for Applications of Psychological Type, Kepribadian ini adalah yang langka, yaitu hanya 1-3% dari populasi di Amerika Serikat. MBTI adalah tes psikologi yang dirancang untuk mengukur kemudahan psikologis murni seseorang dalam melihat dunia dan memutuskan.

Beberapa kelemahan dari orang dengan kepribadian ini adalah keras kepala, bisa jadi terlalu sensitif, sering memiliki harapan yang terlalu tinggi, dan tidak suka konfrontasi.

Dilansir dari halodoc.com, ini dia 5 Karakteristik Kepribadian INFJ:

  1. Welas Asih
    INFJ adalah orang yang lembut, penuh kasih, dan bisa berempati pada orang lain. Hal ini karena mereka punya intuisi dan pemahaman emosional yang kuat.
  2. Penolong
    Meskipun pada dasarnya introvert, INFJ dapat membentuk hubungan yang kuat dengan orang lain. Mereka senang membantu orang lain, tetapi juga membutuhkan waktu dan ruang untuk sendiri.
  3. Idealis
    Tidak heran, mereka yang memiliki kepribadian ini harus menerjemahkan idealisme mereka ke dalam tindakan. Mereka tidak hanya bermimpi mengubah dunia, tetapi juga berusaha untuk mewujudkannya.
  4. Terorganisir
    Orang dengan tipe kepribadian INFJ sangat suka melakukan kontrol terhadap segala hal. Ini membuat mereka selalu merencanakan, mengatur, dan membuat keputusan sedini mungkin.
  5. Emosional tapi Logis
    Saat memutuskan, orang dengan kepribadian ini menekankan emosi mereka di atas fakta. Namun, mereka juga logis, karena mereka memahami kualitas dan buruknya segalanya dan berharap untuk membuatnya lebih baik.

Pada umumnya, ini adalah beberapa karakteristik orang yang memiliki kepribadian INFJ di Inggris. Selain apa yang sudah dijelaskan sebelumnya, INFJ juga sangat kreatif dan artistik, fokus pada masa depan, peka terhadap orang lain, dan suka memikirkan makna hidup. (srw)