Kenalan Dengan Nathania Karina, Konduktor Perempuan Pertama Pimpin Paduan Suara HUT RI Ke-77

Jakarta, GPriority.com – Kehadiran Gita Bahana Nusantara (GBN) pada upacara peringatan HUT ke-77 RI di Istana Negara memberikan rona berbeda. GBN tahun ini makin menarik lantaran dipimpin sang konduktor perempuan pertama bernama Nathania Karina.

Berkebaya merah, Nia tampil energik saat membawakan sejumlah lagu bersama 199 musisi lain yang tergabung dalam Gita Bahana Nusantara (GBN), grup yang anggotanya berasal dari berbagai daerah di Nusantara. Kelompok musik ini memang rutin tampil di Istana Merdeka saat upacara detik-detik proklamasi RI dan sidang tahunan MPR.

Nathania atau akrab disapa Nia, merupakan pemilik gelar ganda lulusan University of Melbourne. Ia juga mendapat gelar Doktor Seni Musik pada Pendidikan Musik Boston University dan mendapat gelar Master of Music dengan gelar ganda pada Pertunjukan Piano & Pendidikan Musik menurut University of Melbourne. Kala itu dia belajar dengan pianis populer Australia Glenn Riddle.

Namanya sudah cukup dikenal di dunia musik Indonesia, khususnya orkestra. Ia telah berkarier sebagai musisi profesional selama lebih dari 10 tahun dengan latar belakang pendidikan yang juga tak kalah mengesankan.

Diketahui, Nia bermain piano sejak usianya masih sangat muda, yakni 4 tahun. Kala itu, dirinya belajar di bawah asuhan Kusumawati Halim, Ita Lingga, dan mengikuti konser Yamaha Junior Original di bawah bimbingan Ferdinand Marsha & Vera Soeng.

Penampilan GBN menjadi salah satu segmen yang paling dinantikan oleh para tamu undangan maupun masyarakat luas. Lantaran berisi suguhan apik dari putra-putri bangsa yang bertalenta pada bidang musik & vokal. Nia menerima amanah sebagai konduktor perempuan pertama untuk pergelaran GBN.

Atas kepercayaan itu, dia mengaku selalu bersemangat ketika bertemu dengan anak-anak dari perwakilan berbagai wilayah di Indonesia.

“Menurut saya GBN ini versi mini Indonesia, kapan lagi bisa kenal anak-anak dari berbagai provinsi dalam satu waktu?,” ujar Nathania dilansir menurut laman resmi Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset & Teknologi pada Senin, 15 Agustus 2022.

Saat pertama kali tiba di Wisma Kinasih pada 6 Agustus lalu, Nia bersama peserta paduan suara dan orkestra Gita Bahana Nusantara menjalani pemusatan latihan yang berlangsung lebih kurang 14 hari. Pelatihan terbagi dalam 2 sesi.

Sesi pertama merupakan latihan seksional yakni sopran, alto, tenor dan bass untuk paduan suara dan string, tiup dan perkusi untuk orkestra; yang berlangsung masing-masing secara terpisah pada pagi sampai sore hari. Sesi ke 2, yaitu latihan gabungan yang melibatkan paduan suara dan orkestra yang dilaksanakan pada malam hari.

Untuk memaksimalkan penampilannya, wanita yang baru saja menikah ini melatih teknis dan mentalnya, termasuk melakukan riset singkat dan menonton berbagai penampilan GBN sebelumnya di Youtube.

Tahun ini Gita Bahana Nusantara (GBN) yang dipimpin Nathania Karina menyanyikan total 17 lagu di Istana Merdeka dan Gedung DPR/MPR. Salah satu yang menarik merupakan persembahan Medley Nusantara yang tersaji menggunakan koreografi yang apik.

Medley Nusantara adalah aransemen dari kumpulan aneka macam lagu daerah misalnya Indung-Indung, Tutu Koda, Bindhe Biluhuta, Sang Bumi Ruwa Jurai, Lir Sa’alir, O’ Ulate & E Mambo Simbo. (Vn)