Kebiasaan Sepele Tapi Bahaya Bagi Kesehatan. Nomor 5 Anak Muda Banget

Jakarta, GPriority.com – Kebiasaan kecil yang sering dilakukan ternyata mampu membahayakan kesehatan kita loh guys. Memang sih efeknya tidak dirasakan saat ini tetapi seiring berjalannya waktu dapat berdampak serius pada kesehatan fisik dan mental. Berikut merupakan hal sepele yang bahaya banget bagi kesehatan

1. Jarang minum air mineral
Kurangnya asupan air dapat menyebabkan dehidrasi dan gejala-gejala buruk lainnya termasuk juga kelelahan, sakit kepala, kekebalan tubuh melemah, serta kulit kering. Efek yang lebih mengerikan ialah jika kamu bisa terkena batu ginjal serta tekanan darah tinggi.

Pada tahun 2008, hasil Studi The Indonesian Regional Hydration Study (Thirst) yang dipimpin oleh Prof. Hardinsyah ditampilkan pada Kongres Nutrisi Internasional di Bangkok. Penelitian yang dilakukan di Jakarta Utara dan Lembang di Jawa Barat ini menggunakan total 400 sampel. Tingkat dehidrasi adalah 15-42 persen. Rata-rata, 30 persen mengalami dehidrasi. Tiga dari 10 sampel mengalami dehidrasi.

Institut of Medicine’s Food and Nutrition Board pernah menyatakan bahwa rata-rata jumlah air yang harus dikonsumsi adalah 2,6 liter untuk wanita dan 3,7 liter untuk pria. Penting juga untuk minum air mineral pada jadwal yang tepat untuk memaksimalkan efektivitasnya bagi tubuh. Inilah waktu yang tepat untuk minum air mineral.

  • Di pagi hari setelah bangun tidur, dianjurkan untuk minum air mineral satu atau dua gelas
  • Setengah jam sebelum makan, minum satu gelas air mineral
  • Ketika merasa lelah, minumlah satu gelas air mineral
  • Sebelum dan setelah berolahraga, minum air lebih banyak untuk meningkatkan suhu tubuh
  • Minum air sebelum tidur
  • Minum air lebih banyak saat sakit

2. Tidur di waktu pagi
Kebiasaan ini bisa berdampak buruk loh buat kesehatanmu, di antaranya anemia, depresi, dan dapat juga memicu penyakit jantung dan gangguan metabolism tubuh.

3. Jarang merawat kebersihan kuku
Kuku menjadi tempat bersarangnya kuman dan bakteri. Tidak hanya itu, kuku panjang berisiko mengalami patah. Sehingga menimbulkan rasa sakit baik dari segi kesehatan pencernaan maupun kesehatan kuku.

4. Tidak merawat kumis
Bagi kaum pria memiliki kumis suatu hal yang biasa, namun perlu diketahui bahwa kumis dapat menjadi tempat persembunyian dari virus herpes, infeksi jamur, atau bahkan bakteri stapylococcus (bakteri Gram-Positif berbentuk bulat berdiameter 0,7-1,2 μm, tersusun dalam kelompok-kelompok yang tidak teratur seperti buah anggur, fakultatif anaerob, tidak membentuk spora, dan tidak bergerak) yang berbahaya.

5. Sering begadang
Kebiasaan yang satu ini merupakan kebiasaan yang sudah mendarah daging, apalagi bagi kaum anak muda. Namun, kita tetap perlu waspada dan menjaga pola tidur dengan baik sebab efek jangka panjang dari begadang dapat memicu penyakit serius seperti penyakit jantung, tekanan darah tinggi, diabetes, dan obesitas.

6. Duduk terlalu lama di toilet
Duduk terlalu lama di toilet duduk dapat meningkatkan risiko sejumlah penyakit. Kebiasaan ini seperti buang air besar sambil membawa handphone atau buku sambil menunggu BAB kelar. Akan tetapi, kebiasaan ini akan menimbulkan penyakit seperti wasir dan sembelit. Selain itu, penggunaan toilet duduk meningkatkan risiko seseorang terjangkit penyakit seperti diare, flu, hingga infeksi kulit. (srw.foto.dok.pribadi)