Jokowi Tekankan 3 Hal Penting Pembangunan Infrastruktur Negara Berkembang

Bali, GPriority.com- Dalam penyelenggaraan Partnership for Global Infrastructure and Investment (PGII) di Bali, Selasa (15/11/2022), Presiden Joko Widodo mengatakan tiga hal penting dalam mendukung pembangunan infrastruktur di negara berkembang.

Pertama, dukungan yang diberikan PGII harus bersifat country driven dan berdasarkan kebutuhan riil negara tujuan. Selain itu, PGII juga harus menjadikan konsultasi dan dialog dengan negara penerima sebagai pedoman utama.

“Pembangunan infrastruktur perlu memberdayakan masyarakat dan ekonomi setempat agar memiliki rasa kepemilikan yang tinggi disertai dukungan bagi negara berkembang untuk membangun kapasitas dan kemampuan mandiri. Dengan demikian negara berkembang dapat lebih tangguh menghadapi tantangan global di masa mendatang,” jelas Jokowi.

Kedua, upaya PGII dalam mendukung pembangunan infrastruktur di negara berkembang juga harus didasarkan pada paradigma kolaborasi. Presiden minta PGII untuk melibatkan lebih banyak pemangku kepentingan termasuk sektor swasta yang dinilai akan membawa manfaat nyata.

Ketiga, PGII harus menghasilkan dukungan pembangunan berkelanjutan, termasuk lewat pembangunan hijau dan transisi energi. Menurut Presiden, negara berkembang paling rentan terhadap tantangan pembangunan berkelanjutan dan perubahan iklim.

Jokowi yakin, jika ke-3 hal tersebut diterapkan, pembangunan infrastruktur di negara berkembang akan semakin berjalan dengan baik. (Hs. Foto.BPMI Setpres)