Jokowi : Biaya Perawatan Pasien Gagal Ginjal Akut Ditanggung Pemerintah

Jakarta,GPriority.com-Dalam siaran persnya melalui akun Youtube Sekretariat Presiden, Senin (24/10/2022), Presiden Joko Widodo mengatakan biaya perawatan pasien gagal ginjal akut semuanya ditanggung pemerintah.

“Saya sudah berbicara pada Menkes Budi untuk menggratiskan biaya pengobatan dan perawatan. Saya kira ini penting sekali,” jelas Jokowi.

Jokowi mengingatkan kepada jajarannya bahwa kasus gagal ginjal akut bukan masalah biasa. Jokowi ingin mereka memprioritaskannya, karena keselamatan rakyat nomor satu.

Pada kesempatan yang sama, Jokowi juga menyebut telah memerintahkan Kementerian Kesehatan untuk menyetop sementara penggunaan obat sirup yang memicu gagal ginjal.

Penghentian sementara ini, lanjut Jokowi, harus dilakukan sambil menunggu pemeriksaan mendalam oleh BPOM.

“Meskipun masih diduga, saya meminta dihentikan lebih dulu sambil menunggu investigasi menyeluruh BPOM pada seluruh obat sirup yang menggunakan bahan pelarut EG dan DEG yang melebihi ambang batas. Mengenai laporannya harus dilakukan secara terbuka, transparan, hati-hati dan juga objektif. Demi keselamatan masyarakat,” jelas Jokowi menutup siaran persnya. (Hs.Foto. Ss Youtube)