Jangan Terpengaruh Mitos, Ini Penjelasan Ilmiah dalam Hal Menyusui

Jakarta,GPriority.com – Sahabat Perempuan dan Anak, dalam kehidupan sehari-hari, mitos dan fakta seputar menyusui sering dijumpai karena hal tersebut disebarkan secara turun-temurun. Tidak jarang ibu-ibu terutama ibu baru terpengaruh dengan mitos tersebut.

Mitos yang beredar di tengah masyarakat cukup beragam, terlebih lagi dengan hal-hal yang membuat takut. Mengutip dari laman resmi Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA), berikut mitos dan fakta tentang hal menyusui:

  1. Mitos: Bagi Ibu menyusui jangan memakan makanan pedas, nanti ASI akan menjadi pedas.
    Fakta: Cita rasa ASI tidak akan sama dengan makanan yang ibu konsumsi. Selama tidak berlebihan dan tidak menimbulkan reaksi sakit perut atau diare, makanan akan dicerna dan sari-sari makanan akan diserap oleh tubuh.
  2. Mitos: Ibu menyusui tidak boleh makan durian karena bayi akan menolak menyusu akibat bau duren.
    Fakta: Sebenarnya makan durian boleh saja, namun jangan berlebihan karena durian memiliki kadar kalori yang tinggi dari karbohidrat. Sementara ibu menyusui harus cukup gizi seimbang dari karbohidrat, protein, lemak, serat, dan lainnya.
  3. Mitos: Ibu menyusui tidak boleh minum kopi karena bayi nanti jadi tidak bisa tidur.
    Fakta: Ibu menyusui boleh saja sesekali minum kopi agar lebih happy, namun tidak bisa berlebihan karena kafein yang terdapat pada kopi dapat mengurangi jumlah produksi ASI.
  4. Mitos: Ibu menyusui harus minum susu untuk menghasilkan ASI
    Fakta: Ketika menyusui membutuhkan sekitar 200-500 ccal. Hal tersebut bisa diatasi dengan pola makan dengan gizi yang seimbang. Kalsium memang diperlukan, tetapi bisa diatasi dengan cara lain seperti dengan makan kacangan atau biji-bijian.
  5. Mitos: Ibu menyusui berhenti memberi ASI saat sedang sakit.
    Fakta: Pada ibu yang sakit, tubuh ibu memproduksi antibodi sebagai perlindungan. Antibodi menuju ke payudara, antibodi keluar melalui ASI dan melindungi bayi dari penyakit. Jadi jika ibu sedang sakit, boleh saja tetap menyusui.
  6. Mitos: Memiliki payudara besar maka ASI akan banyak, dan sebaliknya.
    Fakta: Besar kecilnya payudara tidak memengaruhi produksi ASI. Ibu hamil maka akan otomatis payudara membesar untuk memproduksi ASI. Makin sering proses pemberian ASI, makin banyak produksi ASI.
  7. Mitos: Menyusui akan membuat payudara menjadi kendur.
    Fakta: Pada saat hamil, ada perubahan hormon yang menimbulkan perubahan pada anatomi tubuh ibu. Salah satunya payudara membesar untuk memproduksi ASI. Namun setelah bayi disapih, ukuran payudara akan kembali normal. (Hn.KemenPPPA)