Hari Nusantara 2022, Wujudkan Potensi Ekonomi Biru Wakatobi

Jakarta,GPriority.com-Hari Nusantara kembali digelar pada 10 sampai 14 Desember 2022. Kali ini Wakatobi, Sulawesi Tenggara menjadi tuan rumah pada peringatan tahunan ini yang berpotensi meningkatkan pembangunan di bidang kelautan.

Gelaran yang di nahkodai oleh Kementrian Investasi atau Badan Koordinasi Penanaman Modal (BPKM) bertujuan untuk meningkatkan potensi investasi ekonomi biru yang ada di Kabupaten Wakatobi.

“Beragam potensi investasi ekonomi biru dan ekonomi hijau serta hilirisasinya, sehingga dapat menciptakan multiplier effects sesuai dengan karakteristik daerah yang dimiliki. Khususnya di Waktobi.” kata Deputi Bidang Promosi Penanaman Modal BKPM Nurul Ichwan.

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Waktobi H.Haliana mengatakan rasa terimakasihnya kepada semua pihak khususnya Kemnves BPKM.

“Berterima kasih atas kesediaannya (Kemenves BPKM) untuk berkontribusi dalam peningkatan daya tarik investasi di wakatobi,” ujar Haliana.

Kemudian, Wakatobi yang memiliki sumber alam melimpah salah satunya di sektor perikanan karena berada di jantung segitiga karang dunia dengan beragam potensi hayati di dalamnya.

“Berpotensi disektor perikanan yang diapit oleh laut banda dan laut flores, yang memiliki keaneka ragaman hayati kelautan dan perikanan yang cukup dan merupakan jantung segitiga karang dunia yang menjadi Kawasan penting didunia karena memiliki keaneka ragaman hayati laut tertinggi di dunia Peta,”ungkap Haliana.

Untuk itu, H. Haliana berharap perlu koordinasi kuat antar Lembaga baik pemerintah pusat maupun daerah untuk meningkatkan program investasi.

“Menaruh harapan yang besar, untuk menciptakan multi pihak antara pemerintah pusat, provinsi dan pemerintah daerah untuk membangun koordinasi, singkronisasi, dan sinergitas pembangunan perkonomian sehingga akan tercipta program yang saling menguatkan satu sama lain dalam rangkat meningkatkan nilai investasi dan pertumbuhan ekonomi khususnya Wakatobi.”tutur Haliana menutup sambutannya.(Da.Foto.KemenvesBPKM)