Garda Terdepan, Peran Pemuda Merauke Sangat Vital

Jakarta,GPriority.com-Merauke merupakan salah satu daerah perbatasan di Indonesia. Dilihat dari Peta, Merauke berbatasan dengan Negara Papua New Guinea.

Sebagai daerah perbatasan, Merauke memiliki barisan pemuda yang cinta NKRI dan memiliki peranan yang sangat vital dalam menjaga Indonesia . Berikut wawancara GPriority dengan Kadispora Merauke Mike Christian Walinaulik melalui sambungan telepon pada Kamis (15/9/2022).

GP: Bisa Diceritakan Mengenai Peranan Pemuda Merauke

MCW:Peran Pemuda di daerah Perbatasan sangatlah vital karena merupakan garda terdepan. Untuk itulah dalam semua kegiatan mereka sangat aktif. Karena dengan aktifnya mereka terlibat dalam kegiatan seperti karang taruna,olahraga dan lain sebagainya dengan sendirinya dapat menjaga keamanan di wilayah perbatasan.

GP:Yang menjadi tantangannya apa pak?

MCW: Yang menjadi tantangannya adalah faktor ekonomi karena mereka bekerja sebagai ojek, dikarenakan kurangnya lapangan pekerjaan.

GP: Solusinya bagaimana pak, agar tantangan tersebut bisa diselesaikan?

MCW: Pemda melalui dinas terkait melakukan pelatihan-pelatihan. Diharapkan mereka bisa menyerap ilmu yang diajarkan oleh dinas terkait seperti pertanian dan peternakan. Karena di Merauke masyarakat memiliki lahan yang sangat luas dan juga peternakan sehingga bisa dimanfaatkan oleh pemuda.

Sudah banyak program-program yang sudah dilakukan oleh Bupati Merauke untuk para pemuda agar dapat mandiri dan bersaing.Namun kembali lagi pada pribadinya masing-masing.

GP: Saat melakukan pelatihan antusiasme Pemuda Merauke bagaimana?

MCW: Sangat antusias, apalagi pelatihan digelar diwilayah-wilayah yang masuk perbatasan. Untuk materinya menyesuaikan dengan tanaman atau peternakan yang ada di sana, semisal pertanian tanaman keras, kayu putih dan lain sebagainya.

GP: Apa yang diharapkan pemerintah setempat terhadap pemuda?

MCW: Pemerintah berharap agar investor banyak masuk sehingga lapangan pekerjaan menjadi lebih terbuka.Dan untuk dinas-dinas terkait disarankan untuk merekrut pemuda asli Merauke jangan dari luar sehingga mereka berperan dalam menjaga NKRI. Apalagi nasionalisme mereka sangat tinggi.(Hs.Foto.dok.pribadi)