Festival Danau Sentarum 2022, Jadi Promosi Budaya dan Wisata Alam Kapuas Hulu

Jakarta,GPriority.com-“Festival Danau Sentarum jadi upaya pemeritah dalam mempromosikan kekayaan alam dan budaya Kapuas Hulu,” Kata Fransiskun Diaan Bupati Kapuas Hulu di acara pembukaan festival pada Kamis (1/12/2022).

Festival Danau Sentarum 2022 telah resmi berlangsung dengan beragam kegiatan diantaranya : Festival minum madu, Danau Sentarum Cruise, Lomba Perahu Bidar, Lomba Sumpit, Pangkak Gasing, Karnaval Budaya, Pentas seni dan hiburan rakyat, Expo produk masyarakat serta sepeda gowes.

Fransiskun Diaan berharap festival ini bisa mendorong pemulihan ekonomi masyarakat di daerah perbatasan Indonesia – Malaysia.

“Banyak produk UMKM dipamerkan dalam Festival Danau Sentarum, tentu bisa membantu perekonomian masyarakat,” ujar Fransiskus.

Firnandi Gufron Selaku Koordinator Strategis dan Komunikasi Wisata Alam, Budaya dan Buatan Kemenparekraf yang mengatakan, “Masyarakat Kapuas Hulu memiliki tradisi yang luar biasa sehingga menjadi kebanggaan tradisi budaya nusantara dalam mengembagkan potensi wisata salah satunya di Kalimantan Barat.”

Kemudian Fernandi menyarankan agar pelaksanaannya bertepatan dengan libur Panjang, untuk menarik wisatawan berkunjung dalam festival ini.

“Kami menyarankan agar pelaksanaannya (Festival Danau Sentarum) dilaksanakan bertepatan dengan libur Panjang , sehingga akan lebih banyak lagi di kunjungi wisatawan baik regional dan nasional bahkan wisatawan mancanegara.” Pungkas fernandi.

Festival ini dilaksanakan di Lanjak Kecamatan Batang Lupar, daerah perbatasan Indonesia dan Malaysia yang berlangsung pada 1 hingga 4 Desember 2022.(Da.Foto.Istimewa)