Fakta-Fakta Unik Dan Menarik Saat Upacara HUT RI Ke-77 di Istana Negara

Jakarta, GPriority.com – Upacara pengibaran Bendera Merah Putih telah sukses digelar di Istana Merdeka, Rabu (17/8/2022).

Upacara ini digelar dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia. Digelar di tengah pandemi Covid-19, para tamu undangan harus mematuhi protokol kesehatan dengan menggunakan masker & jaga jarak.

Walau harus melalui banyak protokol khusus, upacara bendera ini digelar dengan meriah dan berhasil menarik antusiasme masyarakat.

Berikut beberapa fakta unik dan menarik pada upacara bendera Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77:

1.Rute Bendera Merah Putih dari Monas ke Istana Merdeka
Salah satu momen unik dari upacara bendera tahun ini adalah penyerahan Teks Prokalamasi dan Bendera Merah Putih dari Monas menuju Istana Merdeka. Arak-arakan dari Ruang Kemerdekaan Cawan Monas menuju Istana Merdeka pun diiringi dengan prosesi Kirab Budaya.

Penyerahan Teks Proklamasi dan Bendera Sang Saka dilakukan oleh Heru Budi Hartono, Kepala Kesekretariat Kepresidenan kepada Tim Paskibraka Duta Pancasila.

2.Penampilan dari Penyanyi Ternama Tanah Air
Tak hanya penampilan paduan suara & orkestra dari Gita Bahana Nusantara, beberapa penyanyi ternama Tanah Air juga ikut menyumbangkan suaranya pada upacara tahun ini. Penyanyi Vidi Aldiano tampil menyanyikan lagu Berkibarlah Bendera Negeriku.

Sementara, penyanyi Lyodra tampil menyanyikan lagu daerah, seperti Apuse dan Kampuang Nan Jauh di Mato.Selain itu, terdapat penyanyi pendatang baru Dere yang membawakan lagu Rayuan Pulau Kelapa.

3.Joget Bareng Farel Prayoga
Salah satu momen unik dan bersejarah dari upacara bendera tahun ini ialah kehadiran Farel Prayoga. Farel Prayoga merupakan penyanyi cilik asal Banyuwangi yang viral lewat TikTok setelah sukses membawakan lagu Ojo Dibandingke.

Di hadapan Presiden Joko Widodo dan tamu kenegaraan, Farel Prayoga menyanyikan lagu dangdut tersebut dengan percaya diri. Terpantau deretan menteri ikut turun ke lapangan untuk berjoget bersama Farel Prayoga. Menteri BUMN Erick Thohir sampai Menteri Keuangan Sri Mulyani ikut bergoyang dengan iringan suara merdu Farel Prayoga.

4.Reza Rahadian Jadi Pusat Perhatian
Dari kumpulan tamu undangan yang hadir, aktor peraih Piala Citra Reza Rahadian jadi salah satu yang paling mendapat sorotan netizen. Reza Rahadian hadir di Istana bersama penata kostum dan desainer ternama Hagai Pakan.

Berbalut pakaian adat Jawa, Reza Rahadian tampak gagah, membuatnya beberapa kali disorot kamera. Saat Farel Prayoga tampil, Reza Rahadian kembali tertangkap kamera tengah menggandeng Menteri Keuangan, Sri Mulyani untuk turun ke lapangan dengan sangat santun.

5.Pengibaran Bendera pada Bawah Laut
Selain kemeriahan atraksi udara oleh TNI AU, TNI Angkatan Laut juga ikut memamerkan aksi mereka dengan mengibarkan Bendera Merah Putih di bawah laut Indonesia. Pengibaran Bendera Merah Putih ini dilangsungkan di 77 titik bawah laut dari Sabang hingga Merauke secara serentak.

6.Dihadiri 4.000 Masyarakat Umum
Sebanyak 4.000 warga masyarakat yang mendaftar melalui online dan sudah disetujui mengikuti upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia di Istana Merdeka, Jakarta Pusat. Para tamu undangan ini sudah mulai berdatangan menggunakan bus dan mobil pribadi bahkan sejak pukul 05.00 WIB.

Sebelumnya, upacara Hari Ulang Tahun (HUT) RI memang sudah 2 tahun tidak mengundang tamu akibat Pandemi Covid-19 mewabah. Kali ini pemerintah mengizinkan kembali upacara dihadiri tamu undangan dengan sejumlah syarat dan harus mematuhi protokol kesehatan.

Momen-momen ini disiarkan secara eksklusif dan ditampilkan dalam upacara bendera di Istana Merdeka. (Vn)