Digelar Hari ini, Berikut Rangkaian Acara Festival Labengki Konawe Utara

Kendari, GPriority.com-Dalam rangka memperkenalkan destinasi wisata unggulan yang ada di Sulawesi Tenggara (Sultra), Dinas Pariwisata menggelar Festival Labengki pada 2 hingga 4 Desember 2022.

Kepala Dinas (Kadis) Pariwisata Sultra Belli, dalam siaran persnya pada Kamis (1/12/2022) menuturkan, Festival Labengki dikemas tidak hanya menonjolkan keindahan Pulau Labengki yang terletak di Desa Labengki Konawe Utara semata, tapi juga menjadikan budaya masyarakat setempat sebagai daya tarik. Sehingga, pada festival ini masyarakat setempat menjadi bagian dari utama seluruh rangkaian Festival Labeng.

Mengenai rangkaian kegiatan yang digelar, Belli mengungkapkan, yang pertama lomba mancing tradisional, kedua lomba balap perahu katinting, ketiga lomba lulo tradisional, keempat lomba kuliner tradisional, dan terakhir lomba toilet bersih untuk fasilitas wisata yang ada di Pulau Labengki.

“Pada Festival Labengki kali ini, ada tiga kegiatan baru, yang pada festival sebelumnya belum dilakukan, yakni ekspedisi pendakian Puncak Labengki, touring jet ski dari Kendari ke Labengki, dan penanaman benih Kima, yang diharapkan menjadi cikal bakal kawasan Kimaboe Spot Labengki,” jelas Belli.

Belli berharap Festival Labengki bisa meningkatkan PAD Sultra melalui sektor pariwisata. (hs.foto.dok.sultra)