Deretan Bus Listrik yang Siap Mengantarkan Anda di 2023

Jakarta,GPriority.com-Pencemaran udara yang disebabkan oleh emisi karbon kendaraan sudah terjadi di kota-kota besar di Indonesia.

Pemerintah pusat tidak tinggal diam. Mulai dari ekonomi hijau hingga uji emisi kendaraan terus dilakukan. Terakhir pemerintah pusat melalui dinas perhubungan melakukan peremajaan dengan mengganti bus konvensional dengan bus listrik.

“Saat ini sudah ada bus listrik yang dipergunakan oleh Pemprov DKI dan juga Kota Besar lainnya. Kami melihat bus listrik mampu mengurangi pencemaran lingkungan. Untuk itulah kami menghimbau kepada perusahaan bus untuk mengganti kendaraan mereka, sehingga pencemaran lingkungan akibat polusi kendaraan bisa terus dicegah,” ucap Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat membuka acara PEVS 2022 di JI Expo Kemayoran beberapa waktu yang lalu.

Menanggapi pertanyaan Budi Karya Sumadi, sejumlah perusahaan mobil pun menciptakan bus listrik. Dan pastinya bus listrik siap meluncur di tahun 2023. Berikut Bus Listrik yang siap mengaspal di 2023.

  1. eCitaro
    eCitaro merupakan bus listrik buatan PT.Daimler Commercial Vehicle Indonesia (DCVI). Dalam laman resminya, DCVI menyebutkan eCitaro bisa beroperasi di Indonesia pada kuartal 1 atau 2.

Mengenai spesifikasi , DCVI menyebutkan bus FCEV (Fuel Cell Electric Vehicle) ini akan menjadi satu-satunya varian di pasar bus low-deck (lantai rendah) berperforma tinggi dengan nol emisi lokal yang dapat dikemudikan pada rute topografis.

Sistem penggerak terus didasarkan pada baterai yang sangat kuat dari generasi NMC 3 terbaru. Sel bahan bakar hanya berfungsi untuk memperpanjang jangkauan dan tidak berfungsi sebagai sumber energi utama. Karena kebutuhan daya yang relatif rendah dari sel bahan bakar Toyota yang terpasang, sel bahan bakar ini selalu dapat beroperasi dalam kisaran kinerja optimalnya dan dengan demikian mencapai masa pakai hingga 40.000 jam.

Hidrogen digunakan dalam bentuk gas pada tekanan 350 bar, yang sudah tersedia di banyak perusahaan transportasi saat ini. Mengenai kapasitas penumpangnya, DCVI menyebutkan maksimal 88 penumpang.

  1. Axess Battery electric Bus (EVO-BE)
    Axess Battery electric Bus (EVO-BE) merupakan bus listrik yang dibuat oleh ElDorado National atau ENC, anak perusahaan dari REV Group yang beroperasi di bidang transit bus dan teknologi bebas emisi.

Untuk spesifikasinya Axxes EVO-BE akan memakai baterai besar, yakni 738 kWh dan disuplai oleh Proterra Powered.

Selain itu, keunikan dari Axess EVO-BE adalah punya platform yang 90 persen sama, mulai dari sistem propulsi, sampai teknologinya. Sehingga mempermudah operator, pelatihan karyawan, sampai perawatannya.

  1. MAB
    Tidak mau kalah dengan perusahaan otomotif dari luar negeri, Indonesia dalam hal ini PT Mobil Anak Bangsa (MAB) sebagai prinsipal produsen bus listrik dalam negeri pun turut andil dalam menyumbangkan bus listrik buatannya di tahun 2023 nanti.

Bus yang diberi nama MAB ini akan dipergunakan oleh PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP), PT Chandra Asri Petrochemicals (CAP), PT Kaltim Parna Industri (KPI) dan Pemerintah Kota Semarang (Pemkot Semarang).

Dari sisi dimensi, bus ini memiliki panjang 11.850 mm, lebar 2.500 mm dan tinggi 3.600 mm. Untuk kapasitas penumpang, bus varian UI bisa menampung hingga 48 penumpang.

Bus listrik ini menggunakan suspensi udara. Baterai yang digunakan adalah baterai LiFePo dengan kapasitas 605.58 V 519 Ah 315.85 kWh.

Mesinnya adalah PMSM atau permanent magnet synchronous motor dengan daya 130 kW hingga 240 kW, serta torsi 680 Nm sampai 2500 Nm. Sedangkan transmisinya menggunakan transmisi AMT 4 percepatan.

4.Bee Network
Bee Network merupakan satu-satunya bus tingkat yang menggunakan listrik. Menurut President & Managing Director Alexander Dennis, Paul Davies, dalam laman resminya, bus tingkat ini dibuat agar penumpang tidak berdesak-desakan dan mengakibatkan Covid-19 yang sudah menurun kembali naik.

Mengenai spesifikasi, Alexander Dennis mengatakan masih merahasiakan mengingat Bee Network masih dalam tahap uji coba. ” Nanti mendekati kuartal pertama 2023, kami akan menbocorkan spesifikasinya yang pasti bus tingkat ini nyaman untuk dipergunakan,” tutup Alexander Dennis.(Hs.Foto.dok.pribadi)