Demi Smart Village, FKDD Lampung Dikukuhkan

Bandar Lampung, Gpriority.com– Implementasi program smart village yang digagas Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung semakin hari semakin menunjukan kemajuan. Progres terbaru, Pemprov Lampung mengukuhkan Pengurus Forum Komunikasi Desa Digital (FKDD) Lampung pada selasa (13/12).

Sekda Provinsi Lampung, Fahrizal Darminto mewakili Gubernur Lampung pada Selasa (13/12) mengukuhkan Pengurus Forum Komunikasi Desa Digital (FKDD) Lampung di Hotel Novotel, Bandar Lampung. Dalam sambutannya yang dibacakan Sekda Fahrizal, Gubernur Lampung memberikan apresiasi terhadap pembentukan FKDD. Dikatakannya, hal tersebut merupakan inisiasi yang sangat baik.

“Saya memberikan apresiasi untuk pembentukan Forum ini. Hal ini menunjukkan bahwa saudara sekalian peduli dan mendukung Program kerja Pemerintah Provinsi secara nyata,” ujarnya. Dengan terbentuknya FKDD, Gubernur meyakini keberlanjutan program smart village untuk mewujudkan smart government, smart economy dan smart people akan dapat tercapai dalam waktu yang tidak terlalu lama sehingga desa Maju-Mandiri-Sejahtera (DESA BERJAYA) di Provinsi Lampung dapat terwujud.

Sebagai informasi, DESA BERJAYA adalah tujuan akhir dari pembangunan dan pemberdayaan desa. DESA BERJAYA ialah yang memiliki kondisi tata pemerintahan, kelembagaan sosial budaya serta perekonomian yang baik dan saling terhubung kuat satu sama lain dengan dukungan teknologi yang memadai atau disebut smart village.

Pemprov Lampung menggagas program smart village dengan gerakan kesadaran sosial Masyarakat di Desa yang peduli pada perubahan digital. Sehingga desa dapat menyelesaikan berbagai permasalahannya dengan cerdas dan mengembangkan potensi yang dimiliki menjadi nilai tambah peningkatan kesejahteraan masyarakat dengan memanfaatkan Teknologi Informasi. “Program Ini bukan hanya milik Pemerintah Provinsi Lampung namun menjadi program kita bersama termasuk pemerintah Kabupaten/ Kota se-Provinsi Lampung,” sebutnya.

Ditambahkannya progres implementasi program smart village telah berjalan baik berkat dukungan dari Perangkat Daerah di Pemerintah Provinsi Lampung dan dukungan dari Pemerintah Kabupaten. “Saya harap sinergi dan kolaborasi ini dapat terus terjalin dengan baik, sehingga pencapaian target implementasi Smart Village di semua Desa di Provinsi Lampung dapat tercapai pada tahun 2024,” pungkasnya. (dbs)