Bupati Askolani Targetkan Pembangunan Tol Kapalbetung Banyuasin Agustus 2023

Banyuasin,GPriority.com-Guna mengurai kemacetan, PUPR berkolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten Banyuasin membangun Tol Kapalbetung sepanjang 503 Kilometer di tahun 2019.

Karena terhambat dengan sejumlah pembebasan lahan, pembangunan sempat terhenti dan baru dilanjutkan kembali awal November 2022.

“Keputusan ini diambil setelah Pemkab Banyuasin ikut turun tangan dalam penyelesaian pembebasan,” ucap Bupati Banyuasin, H. Askolasi Jasi dalam siaran persnya Minggu (6/11/2022).

Askolani dalam kesempatan tersebut meminta agar Tol Kapalbetung bisa selesai pada Agustus 2023. “Jujur kemacetan di Jalan Lintas Timur Palembang-Betung hingga saat ini terus terjadi. Dengan adanya Tol Kapalbetung bisa mengurai kemacetan,” tutur Askolani.

Mengenai exit pintu keluarnya, Askolani menyarankan berada di Kota Pangkalan Balai dan Kecamatan Betung. “Dengan adanya exit tol di Banyuasin, setidaknya pembangunan tol Kapalbetung di Banyuasin dapat memberikan manfaat bagi masyarakat dan memajukan perekonomian,” jelas Askolani.

Kepala Bidang Percepatan Kebijakan Pengadaan Lahan Kemenko Maritim Yuwono Saputra menuturkan, exit tol yang ada di kota Pangkalan Balai nantinya akan segera dilakukan pembangunan setelah keluarnya persetujuan dari Kepala Staf Kepresidenan dan kementerian.

“Untuk exit tol di Kota Pangkalan Balai, akan dilakukan pembukaan lahan pada Febuari 2023 mendatang. Dari situ, akan langsung dilakukan pengerjaan exit tol,” jelas Yuwono.

Ketika disinggung mengenai kelanjutan pengerjaan, Direktur Teknik Waskita Karya Sudirman menjelaskan, pihak Waskita Karya akan melakukan percepatan pengerjaan setelah Pemkab Banyuasin turun tangan dalam penyelesaian berbagai permasalahan, baik itu berkas administrasi pembebasan lahan dan penandatanganan percepatan pengerjaan tol Kapalbetung.

“Kami yakin akhir Agustus 2023 seperti diminta pak bupati bisa terlaksana,” kata Sudirman mengakhiri siaran pers.(Hs.Foto.Humas Banyuasin)