Bisnis Ayam Poland, Perawatan Mudah Cuan Melimpah

Jakarta,GPriority.com-Ayam Poland merupakan ayam hias yang berasal dari Belanda. Memiliki jambul atau mahkota bulu pada bagian kepala, membuat unggas yang satu ini disukai banyak orang, tak heran jika banyak yang memeliharanya.

Keputusan yang tepat karena Poland memiliki harga jual yang cukup tinggi. ” Usia 1,5 hingga 2 bulan bisa mencapai Rp. 150 ribu, sedangkan usia 4 bulan bisa mencapai Rp. 350 ribu,” ucap Muhammad Yusuf Peternak Ayam Poland yang ditemui di kediamannya, M.H Thamrin, Tangerang, Jum’at (4/11/2022).
Cukup mudah dalam merawat unggas yang satu ini, seperti memelihara unggas lainnya. “Cukup diberikan Voer dan nasi,” jelasnya.
Hal yang harus diperhatikan dalam merawat ayam Poland ialah tentang kebersihan kendang, supaya tetap terawat dan bersih. “Untuk ukuran kandang sekitar 60 cm x 90 cm x 60 cm. Dalam satu kandang berisi 3 ekor ayam poland yang sudah dewasa. Sebaiknya kandang ditutup dengan menggunakan kain agar tidak terkena hembusan angin, mengingat Ayam Poland mudah terserang penyakit. Lalu Suhu yang cocok untuk Ayam Poland yaitu sekitar 20-30°C,” jelas Babeh panggilan akrab Muhammad Yusuf.

Karena ayam Poland tidak bisa mengerami, maka harus diambil dan ditaruh di dalam mesin penetas. Babeh Yusuf menambahkan, “Waktu bertelur ayam Poland di usia 9 bulan sudah bertelur. Setelah bertelur selama 30 butir, ayam dalam jangka waktu seminggu harus dipisah. Ayam ditetaskan dengan mesin penetas. Setelah ditetaskan ditaruh ke kandang kecil yang memiliki lampu.”
Muhammad Yusuf menyarankan agar tahan dengan cuaca dingin, makanannya harus dicampur dengan daun pepaya, lalu untuk minumannya ditambahkan air jahe seminggu sekali.
Demikian pembahasan mengenai budidaya ayam Poland, semoga bermanfaat.(DM)