Belanja produk UMKM Melalui Aplikasi Bosara

BSD,GPriority.com-Bertempat di ICE BSD, Tangerang, Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) pada Selasa (29/11/2022) menggelar Rapat Koordinasi Monev Inpres 2 Tahun 2022. Adapun tema yang diangkat UMK-Koperasi dan PDN Kuat, Ekonomi Lebih Cepat.

Hadir dalam acara tersebut sejumlah tamu undangan termasuk Sekda Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) Drs. Asrun Lio, M.Hum, Ph.D.,.

Dalam rakor yang dimulai pukul 09.00 WIB banyak sekali masalah yang dibahas mulai dari menumbuhkan industri dalam negeri, peningkatan UMKM, koperasi, dan bangga menggunakan produk dalam negeri.

Ditemui usai acara, Sekda Sultra Drs. Asrun Lio, M.Hum, Ph.D., mengatakan, sangat mendukung sekali program Bangga Buatan Indonesia dan peningkatan UMKM yang dilakukan oleh Presiden Jokowi, salah satunya memperbanyak Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN). “Jadi kita mengundang sebanyak-banyaknya pelaku usaha dan UMKM untuk meregister produk,” jelas Asrun Lio.

Tak hanya itu, UMKM juga dikutsertakan dalam Aplikasi Belanja Online Pemerintah Sulawesi Tenggara (Bosara). “Untuk saat ini jumlah produk yang tergabung di dalamnya sebanyak 1.000,” kata Asrun Lio.

Sekedar informasi Bosara merupakan Market place yang dibuat Pemprov Sultra dalam rangka mendorong pelaku UMKM dalam mengembangkan usahanya.

Bosara seperti dijelaskan oleh Asrun Lio merupakan bentuk e-katalog yang dianjurkan oleh pemerintah. Mengenai produknya tidak hanya makanan dan minuman saja tetapi ada juga barang dan jasa seperti yang dianjurkan Presiden Jokowi, LKPP, MenpanRB, Menkop-UKM, Menteri Perindustrian.

Menutup perbincangan, Sekda Asrun Lio akan mengajak kabupaten/kota yang ada di Sultra untuk membangun market place sebagai sarana mempromosikan produk unggulan daerahnya.(Hs.Foto.Hs)