Arsitektur SPBE Semangat Menuju Satu Pemerintah Digital

Jakarta,GPriority.com-Dalam rangka mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif transparan dan akuntabel, Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur selama 2 hari (28-29 November 2022) menggelar sosialisasi penggunaan Aplikasi Abacus untuk penyusunan Arsitektur SPBE di Hotel Yuan Garden, Jakarta.

Ditemui disela-sela acara pembukaan yang berlangsung pada Senin (28/11/2022), Kabid Aptika Diskominfo Provinsi Kaltim Normalia menjelaskan Aplikasi Abacus adalah salah satu aplikasi yang dibuat Kementerian PANRB untuk menyatukan pendapat dalam pengisian Arstitektur SPBE. “Sehingga nantinya ada kesamaan dan progres yang akan dilaksanakan oleh kabupaten/kota,” jelas Normalia.

Seperti diketahui kabupaten/kota di Kaltim memiliki jarak yang sangat berjauhan. Sehingga membutuhkan waktu cukup lama untuk menyatukan pendapat, program dan kesepahaman dalam melakukan pengisian Arstitektur SPBE.

Menutup perbincangan, Normalia berharap kegiatan sosialisasi ini bermanfaat bagi 10 kabupaten/kota yang berada di Kaltim.

Sekedar informasi Arsitektur SPBE adalah kerangka dasar yang mendeskripsikan integrasi proses bisnis, data dan informasi, aplikasi, infrastruktur SPBE, dan keamanan SPBE untuk menghasilkan layanan pemerintah yang terintegrasi. Terdapat enam domain dalam arsitektur SPBE, yaitu domain layanan SPBE, domain proses bisnis, domain data dan informasi, domain aplikasi SPBE, domain infrastruktur SPBE, dan domain keamanan SPBE.

Adanya arsitektur SPBE dengan enam domain tersebut, diharapkan akan meningkatkan awareness terhadap pembangunan dan pengembangan aplikasi SPBE. (Hs. Foto. DM)