6 Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan, Membantu Menjaga Kesehatan Jantung dan Kulit

Jakarta,GPriority.com – Sering dijumpai sebagai bumbu dapur pada masakan, ternyata kunyit memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. Kandungan kurkumin pada kunyit dipercaya dapat mengatasi penyakit jantung hingga kanker.

Pengobatan tradisional menggunakan kunyit sudah terkenal sejak lama melalui jamu yang berbahan dasar kunyit. Kunyit diketahui mengandung nutrisi seperti protein, kalsium, magnesium, fosfor, kalium dan zat besi.

Nutrisi pada kunyit juga mengandung senyawa yang bersifat antioksidan, antiinflamasi dan antimikroba. Berikut 6 manfaat kunyit untuk kesehatan tubuh:

  1. Membantu pencernaan
    Kunyit adalah rempah-rempah yang sering dijumpai pada masakan dengan cita rasa kuat. Oleh karena itu, kunyit dapat membantu melancarkan pencernaan makanan hingga mencegah peradangan usus dengan sifat anti-peradangan pada senyawa ini.
  2. Meningkatkan fungsi hati
    Zat antioksidan tinggi pada kunyit dapat mencegah kerusakan hati akibat radikal bebas, polutan, obat-obatan, dan produk limbah. Kunyit dapat membantu menurunkan timbunan lemak hati dan iritasi hati dengan menghilangkan kelebihan kolesterol.
  3. Dapat mengelola diabetes
    Menurut penelitian, kunyit memiliki kemampuan untuk menurunkan respons inflamasi dan stres, dua faktor pemicu peningkatan insulin yang berkaitan dengan diabetes. Dengan menambahkan kunyit ke dalam makanan, dipercaya dapat menghentikan perkembangan pradiabetes atau setidaknya memperlambatnya.
  4. Meningkatkan kesehatan kulit
    Antioksidan dan elemen anti-inflamasi pada kunyit dapat membantu kulit terlihat lebih muda dan berkilau. Kunyit diketahui bisa menghentikan sel-sel kulit menempel satu sama lain dan menyumbat pori-pori.
  5. Meningkatkan kesehatan jantung
    Kunyit dengan segala zat dan senyawanya dipercaya dapat meningkatkan kesehatan jantung. Kunyit dapat meningkatkan fungsi pembuluh darah secara keseluruhan dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular atau bahkan serangan jantung dengan menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol.
  6. Melindungi dari infeksi virus
    Kunyit sangat baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan mengembangkan perlindungan terhadap penyakit musiman dan kepekaan karena adanya kurkumin di dalamnya. Herpes dan flu adalah beberapa virus yang dapat dilawan oleh kurkumin. (Hn.)