5 Tips Atur Bujet Biar Gak Gampang Jebol Hingga Akhir Bulan

Jakarta,GPriority.com-Akhir bulan jadi momen yang suka buat kepala pusing, karena uang sudah menipis bahkan gak tersisa lagi di kantong.

Nyebelin tentunya, membuat kamu bertanya-tanya kemana perginya uang yang seharusnya bisa cukup sampai akhir bulan. Tapi sudah lenyap akibat sering di hambur – hamburkan dan digunakan untuk membeli barang yang tidak perlu.

Untuk itu, kamu bisa lakukan 5 tips ini biar gak gambang jebol saat akhir bulan :

  1. Perhatikan gaya hidup, sesuai pendapatanmu
    Karena ingin terlihat sama, dengan menjalani gaya hidup yang berlebihan tidak sesuai porsinya. Seperti nongkrong di kafe mewah, beli barang bermerek yang pada akhirnya tidak akan cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Hindari yaaa gengs.
  2. Dahulukan kebutuhan, bukan keinginan
    Kebutuhan yang utama, belilah sesuai dengan yang benar-benar kamu butuhkan. Pahami seberapa butuh kamu perlu barang tersebut, jika masih layak atau tidak perlu diganti lebih baik tidak usah di beli. Bisa dahulukan bahan makanan, lalu setelah semua sudah terpenuhi dan masih ada tersisa kamu bisa gunakan sesuai keinginanmu.
  3. Lakukan pencatatan keuangan
    Sering terlupakan, pencatatan uang menjadi hal penting untuk memonitor kemana saja uang itu digunakan. Kamu bisa tahu kebiasaan belanja yang sering dilakukan dan memprediksikan apa saja pengeluaran yang bisa ditekan.
  4. Bandingkan harga barang
    Membandingkan harga barang di sejumlah toko penting dilakukan untuk mendapat harga terbaik. Malas membandingkan harga bisa membuat kamu terjerumus dan menyesal karena membeli barang yang terlampau mahal. Alhasil, uangmu pun habis untuk barang yang seharusnya bisa didapatkan dengan lebih murah.
  5. Jangan abaikan dana darurat
    Untuk menjaga keuangan tetap aman, kamu harus memaksakan diri untuk menabung. Dana darurat ini dibutuhkan jika Anda tiba-tiba harus membeli HP baru karena kecopetan atau bisa saja kam butuh biaya berobat ke dokter. Tidak ada seorangpun yang tahu apa yang akan terjadi dalam sebulan itu, ada baiknya kamu menyiapkan dana untuk kebutuhan tak terduga.

Itulah beberapa tips yang bisa atur bujet supaya gak gampang jebol hingga akhir bulan.(Da)