5 Fakta Unik Ikan Mas Koki yang Jarang Diketahui Orang

Jakarta,GPriority.com-Guys, pastinya kamu tahu apa itu ikan mas koki? Ikan bermata belo yang memiliki warna yang sangat beragam. Tak heran banyak yang memelihara.

Dibalik itu semua ternyata ada 5 fakta unik yang terdapat di ikan mas koki. Dan pastinya GPriority tahu bahwa kamu tidak mengetahuinya sama sekali. Berikut penjabarannya.

  1. Ikan Mas Koki Bisa Melihat Lebih Banyak Warna daripada Manusia
    Dunia ini jauh lebih berwarna bagi ikan mas koki daripada bagi kita. Bila kita hanya dapat melihat berbagai kombinasi 3 warna primer, ikan mas melangkah lebih jauh dan benar-benar dapat melihat 4 di antaranya. Berkat itu, mereka juga bisa melihat sinar ultraviolet. Ini memungkinkan mereka melihat berbagai gerakan di sekitar air dengan lebih mudah.
  2. Ikan Mas Koki Memiliki Indera Keenam
    Ikan mas koki memiliki garis lateral, yang merupakan organ yang terdiri atas bintik-bintik kecil yang ditempatkan di sisi lateral tubuh mereka. Garis lateral seperti itu memungkinkan mereka merasakan perubahan tekanan di air, lebih tepatnya gerakan seperti arus atau getaran dari ikan lain yang berenang di sekitarnya.
  3. Tanpa Cahaya yang Cukup, Ikan Mas Koki Bisa Menjadi Putih
    Cahaya membantu ikan mas koki menghasilkan pigmen yang cukup untuk mencapai warna yang biasanya cerah. Jadi, ketika tidak ada cukup cahaya di sekitarnya, mereka tidak akan bisa menghasilkan pigmen warna seperti itu. Dan ya, seperti yang mungkin sudah Anda duga, warna tubuh ikan mas Anda akan segera mulai menjadi semakin pucat.
  4. Ikan Mas Koki Peliharaan Anda Bisa Mengenali Wajah Anda
    Studi terbaru telah membuktikan bahwa ikan mas koki bukan hanya hewan peliharaan yang cerdas. Selain itu, mereka dapat mengenali pemilik manusianya begitu orang itu memasuki ruangan. Tidak hanya dengan suaranya, ikan mas juga mengenali ketika melihat wajahnya. Betapa menakjubkannya itu?

Dan inilah satu fakta unik tambahan untuk Anda: ikan mas juga dapat membedakan lagu dari artis yang berbeda! Anda mungkin bisa menikmati lagu favorit Anda bersama teman-teman air Anda ini.

  1. Ikan Mas Koki Punya Umur yang Umumnya Lebih Panjang
    Jika kita mempertimbangkan bahwa ikan berukuran kecil dan sedang biasanya bertahan hidup dari 2 hingga 10 tahun, ikan mas koki memiliki kecenderungan alami untuk bertahan hidup lebih lama di akuarium rumah Anda. Meskipun rata-rata umum untuk ikan mas peliharaan hidup sampai 15 tahun, umur itu dapat memanjang hingga 30 tahun atau lebih dengan perawatan yang tepat. (Hs.Foto:dok.pribadi)