11 Makanan Lebaran dari Berbagai Daerah di Indonesia


Jakarta, GPriority.com – Hari Raya Idul fitri menjadi akhir perjalanan dengan penuh kebahagiaan dan kesedihan bagi kaum muslimin di seluruh dunia karena harus meninggalkan bulan Ramadan.

Di akhir bulan Ramadan, masyarakat muslim di dunia khususnya Indonesia akan merayakan Hari Raya Idul fitri sesuai kebiasaan dan kebudayaan masing-masing di setiap daerah.

Masyarakat di perkotaan biasanya akan melakukan perjalanan panjang ke kampung halamannya atau mudik sebagai tradisi tahunan karena kerinduan untuk bertemu keluarga dan makanan khas daerahnya.

Menu makanan khas Lebaran :

1. Semur Daging (Jakarta)
Selain ketupat dan opor ayam, semur daging juga menjadi makanan wajib yang tersaji di meja-meja warga Betawi. Rasanya yang manis, gurih dan sedikit pedas tentu akan menggugah selera semua orang. Paling berkesan jika kuliner khas Lebaran asli warga ibukota ini dimakan dengan nasi yang hangat.

2. Gulai Nangka (Medan)
Kuliner khas lebaran yang satu ini juga cukup populer di kota Medan dan sekitarnya. Potongan nangka muda yang digabungkan dengan daging iga atau ceker serta kacang panjang dan santan kental yang gurih, menjadi nikmat jika disantap beramai-ramai bersama keluarga besar.

3. Rendang (Padang)
Makanan khas Padang dan Minangkabau ini memiliki ciri masakan yang bercita rasa pedas. Dengan menggunakan campuran berbagai bumbu dan rempah yang menjadikannya salah satu yang paling populer di dunia kuliner internasional.

4. Ayam Gagape (Makassar)
Ayam Gagape menjadi salah satu makanan khas lebaran yang wajib ada di meja makan khususnya bagi warga Makassar dan Sulawesi Selatan. Tampilan kuahnya yang mirip dengan opor ayam, namun jauh lebih gurih karena tambahan kelapa parut sangrai.

5. Soto Banjar (Banjarmasin)
Soto Banjar termasuk dalam salah satu makanan khas lebaran bagi warga Banjarmasin. Kekhasan rasa dan isian, mulai dari suwiran ayam kampung, telur rebus, bawang goreng dan ketupat.

6. Ayam Woku (Manado)
Banyaknya bumbu dan rempah yang digunakan sebagai bahan utama menjadikan makanan khas lebaran warga Manado ini menjadi salah satu yang paling dinanti.

7. Bebek Gulai Kurma (Aceh)
Bebek gulai kurma dibuat dengan rempah-rempah dan juga kuah santan yang memiliki kekayaan rasa tersendiri. Ada rasa pedas, gurih dan segar, yang menjadikan makanan ini menjadi salah satu yang diburu saat lebaran tiba.

8. Kella Pate (Madura)
Kella Pate dibuat menggunakan ikan tenggiri yang digoreng. Setelah ikan dimasak dengan kuah santan dan rempah-rempah, menjadikan makanan ini memiliki rasa gurih yang lezat. Makanan pendamping yang paling pas untuk menikmati Kella Pate adalah dengan menggunakan ketupat atau lontong.

9. Lemang Lepat Lau (Pontianak)
Lemang merupakan makanan khas Melayu dan telah menjadi salah satu yang paling dinanti saat lebaran tiba. Makanan dari beras ketan yang dimasukkan dalam bambu dan ditambahkan santan juga garam memiliki cita rasa yang gurih.

10. Uve Mpoi (Palu)
Uve Mpoi menjadi makanan khas lebaran yang harus disajikan bagi warga Palu. Masakan sayur (kuah) asam ini memiliki isian utama jeroan sapi, mulai dari usus, hati hingga ampela dan tulang rawan pada bagian tertentu.

11. Anam (Palembang)
Mirip seperti gulai, kuliner ini memiliki rasa yang gurih dan pas digabungkan dengan ketupat, yang menjadi ikon makanan khas lebaran Anam menjadi salah satu makanan khas Lebaran yang kerap disajikan warga Palembang dan sekitarnya. (Hn.)